Kamis, 22 Maret 2012

Manfaat Teknologi Komputer Dalam Pengolahan Pangan

Review

Dewasa ini Teknologi telah dengan pesat membangkitkan seluruh aspek kehidupan manusia, khususnya Teknologi Komputer dengan berbagai peralatan pendukungnya yang mampu meciptakan revolusi dalam cara berpikir kita, cara berinteraksi bahkan dalam mencari hiburan.

Dengan Teknologi Komputer yang canggih perusahaan mampu menawarkan berbagai jenis produk dan jasa yang unggul baik kuantitas maupun kualitasnya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Begitu pula dengan Industri Pangan, Teknologi Komputer kini digunakan hampir diseluruh tahap produksi pangan, diantaranya untuk membantu mengevaluasi dan meningkatkan kualitas bahan baku yang digunakan (tahap awal), membantu pengiriman dan penanganan bahan (tahap persiapan), serta pengolahan produk dengan metode konservasi dan pemisahan yang berpotensi menambah bahan-bahan baru untuk membuat produk akhir (tahap terakhir).

Proses pengemasan sekarang lebih murah dan lebih canggih, dengan munculnya material baru yang dapat digunakan untuk membungkus atau segel item. Mesin khusus digunakan untuk membuat kemasan dan mengotomatisasi proses ini untuk memaksimalkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Selain itu, dengan adanya teknologi komputer membuat perusahaan lebih mudah untuk mengikuti standar Internasional dan peraturan mengenai isi produk, disamping itu, perusahaan juga berupaya untuk memperbaiki cara mengolah makanan, dengan mengandalkan pengurangan zat kimia yang berbahaya. Dengan terus-menerus memperbaharui dan meningkatkan produk untuk mengalahkan persaingan, perusahaan pangan menawarkan produk yang sangat beragam. Hal ini sangat menguntungkan, karena kita memiliki akses ke produk yang lebih baik dari sebelumnya. Sampai baru-baru ini, industri makanan telah memfokuskan pada cara-cara baru untuk memproduksi makanan yang sehat, ekologis, dan yang didasarkan terutama pada bahan-bahan alami. Karena kepentingan penduduk untuk produksi bebas bahan aditif, industri ini terus-menerus menerapkan cara-cara baru untuk memproduksi produknya.

Teknologi komputer yang menguntungkan kita dan industri makanan dengan meghilangkan keterbatasan dalam kualitas, kuantitas dan mengurangi biaya. Efeknya atas makanan yang kita makan juga semakin jelas.


sumber :
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=
http://www.helium.com/knowledge/269967-how-technology-has-affected-the-food-industry
http://pustaka.litbang.deptan.go.id/publikasi/pp141052.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar